Perontok Bulu Laser Apakah Efektif dan Aman?

 

Prosedur perontok bulu laser merupakan sebuah cara non-invasif untuk menghilangkan bulu rambut yang tidak diinginkan di tubuh. Di Amerika Serikat, perontok bulu laser merupakan prosedur minimal invasif dengan tujuan kosmetik paling populer. Dengan lebih dari 1 juta kali prosedur dilakukan pada tahun 2016. Prosedur perontok bulu laser dapat menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang ingin menghilangkan bulu rambut secara efektif, dan dengan hasil jangka panjang (meskipun tidak permanen). Perontok bulu laser dapat dilakukan di semua daerah tubuh, kecuali bagian di daerah sekitar mata. 

Prosedur perontok bulu laser

Sebelum prosedur perontok bulu laser dilakukan, petugas medis akan membersihkan daerah yang akan mendapatkan perawatan. Apabila daerah tersebut cukup sensitif, gel penghilang rasa sakit akan dioleskan. Selama prosedur perontok bulu laser berlangsung, semua orang yang ada di ruang perawatan harus menggunakan pelindung mata khusus untuk mencegah kerusakan mata akibat penggunaan laser. Saat gel penghilang rasa sakit mulai bekerja, ahli medis mengarahkan sinar berenergi tinggi pada daerah yang diinginkan. Semakin besar daerah yang mendapatkan prosedur perontok bulu laser, semakin lama pula prosedur akan memakan waktu. Daerah yang kecil biasanya hanya akan membutuhkan waktu sekitar beberapa menit. Dan dearah yang besar (misalnya dada) akan membutuhkan waktu 1 jam atau lebih. Beberapa pasien melaporkan adanya sensasi mirip sengatan luka bakar akibat sinar matahari. Saat rambut terbakar akibat paparan laser berenergi tinggi, Anda dapat mencium bau sulfur dari asap. 

Bagiamana metode ini bekerja dan adakah efek sampingnya?

Prosedur perontok bulu laser bekerja dengan menggunakan sinar terkonsentrasi tinggi pada folikel rambut, yang mana merupakan rongga kecil pada kulit di mana rambut tumbuh. Folikel rambut tersebut akan menyerap laser, yang tertarik pada pigmen melanin rambut, dan rambut akan terbakar dengan instan. Pigmen pada rambut menarik laser, sehingga rambut yang berwarna lebih gelap dapat menyerap laser dengan lebih efektif, inilah mengapa orang yang memiliki rambut hitam dan kulit yang putih menjadi kandidat ideal untuk mendapatkan prosedur ini. 

Pasien dengan kulit yang berwarna lebih gelap biasanya membutuhkan perawatan dengan laser jenis khusus yang dapat mendeteksi rambut dari kulit. Mereka yang memiliki rambut lebih cerah bukan kandidat ideal karena laser tidak bisa berfokus dengan baik pada rambut yang tidak berpigmen. Itulah sebabnya prosedur perontok bulu laser tidak efektif digunakan untuk rambut pirang, putih, ataupun abu-abu. 

Komplikasi serius yang berhubungan dengan perontok bulu laser jarang ditemui. Efek samping biasanya berupa pembengkakan, kemerahan, dan rasa tidak nyaman serta iritasi pada kulit. Efek samping tersebut akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari setelah prosedur dilakukan. Apabila gejala efek samping terus muncul, hubungi ahli medis untuk mendapatkan diagnosa dan perawatan. Meskipun jarang ditemui, efek samping perontok bulu laser juga meliputi luka, kulit terbakar, infeksi, perubahan warna kulit yang permanen, dan kulit yang melepuh. Memilih tenaga medis profesional yang ahli dalam bidang perontok bulu laser dapat mengurangi risiko tersebut di atas. Sangat direkomendasikan hanya mendapatkan perawatan perontok rambut laser dari dermatology yang telah mendapatkan sertifikasi guna mengurangi risiko komplikasi tersebut. 

Waktu pemulihan setelah mendapatkan prosedur perontok bulu bersifat minimal, dan pasien dapat kembali melakukan aktivitas secara langsung. Menggunakan tabir surya sebelum prosedur penting, begitu pula setelah prosedur perontok bulu berlangsung. Hal tersebut akan membantu mencegah iritasi lanjutan. 

 

Perontok Bulu Laser Apakah Efektif dan Aman? Perontok Bulu Laser Apakah Efektif dan Aman? Reviewed by SehatQ on December 06, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.