Cara Menggunakan Sunblock yang Benar!

Cara Menggunakan Sunblock yang Benar!

Sunblock merupakan salah satu skincare yang paling penting untuk dibawa saat Anda beraktivitas di luar ruangan. Kelihatannya memang mudah, tetapi mengaplikasikan sunblock tak bisa sembarangan, lho. 

Memakai sunblock adalah step skincare  yang terpenting. Karena percuma memakai serum mahal-mahal, kalau kulit tetap tidak terlindung dari sinar matahari. Semua step skincare  yang sudah kita lakukan, rasanya akan sia-sia, karena kulit akan kembali rusak karena paparan sinar matahari.

Tapi ada beberapa orang yang belum paham bagaimana cara memakai sunblock yang benar. Selama ini banyak yang mengira asalkan sudah dioleskan sedikit dan merata ke kulit, sunblock sudah sangat cukup untuk melindungi kulit kita seharian dari paparan sinar matahari. 

Untuk menggunakan sunblock ini ada semacam aturan khusus, agar sunblock bisa efektif bekerja sebagai pelindung kulit kita. Yuk simak ulasan berikut agar Anda paham bagaimana cara menggunakan sunblock yang benar:

1. Sunblock harus sesuai jenis kulit

Sebenarnya penggunaan sunblock juga harus sesuai jenis kulit. Kalau kulit wajah Anda kering, sebaiknya Anda menggunakan sunblock bertekstur krim. Kandungan pelembap pada sunblock bertekstur krim membantu menghidrasi kulit yang kering.

Untuk pemilik kulit berminyak, pilih tekstur sunblock yang ringan sebab kulit berminyak rentan akan munculnya jerawat. Lebih baik gunakan sunblock bertekstur gel atau cair, seperti pada sunblock spray (yang disemprotkan ke wajah).

2. Gunakan sunscreen 30 menit sebelum keluar ruangan

Langkah ini dibutuhkan karena kulit membutuhkan waktu untuk menyerap sunblock. Jadi jika Anda baru menggunakan sunblock beberapa saat sebelum beraktivitas keluar rumah atau saat berada di bawah sinar matahari, kulit Anda tidak akan mendapatkan perlindungan apa pun dan tetap berisiko terbakar matahari.

3. Aplikasikan setelah pelembap

Sunblock diaplikasikan setelah menggunakan pelembap atau moisturizer. Jadi, tahapannya adalah moisturizer dahulu baru sunblock, baru kemudian alas bedak serta riasan lainnya. Selain itu, Anda juga tak boleh menggunakan alas bedak yang sudah mengandung pelembab.

4. Gunakan sesuai aturan

Jangan terlalu sedikit menggunakan sunblock agar benar-benar sesuai dengan kebutuhan kulit. Sebaiknya gunakan sunblock sebanyak dua ruas jari untuk diaplikasikan ke seluruh wajah. Cara penggunaannya dengan cara meratakan sunblock pada permukaan kulit dengan cara menepuk-nepuk menggunakan ujung jari.  

Mengaplikasikan sunblock tipis sama seperti mengurangi kandungan SPF dalam melindungi kulitmu. Misalnya sunblock itu memiliki SPF 30, Anda hanya akan mendapat perlindungan SPF 10.

5. Ulangi penggunaan setelah 4 jam

Tidak ada sunblock yang bisa bertahan seharian penuh, merek apa pun itu. Meski Anda sudah memakainya dari rumah, tapi Anda perlu mengoleskannya kembali. Karena tidak ada sunblock yang 100% melindungi kulit dari sinar matahari meskipun Anda menggunakan produk dengan kandungan SPF tinggi.

Sunblock akan luntur atau hilang saat Anda berkeringat, apalagi terkena air. Karena itu, sebaiknya oleskan kembali sunblock setiap dua jam sekali. Pemakaian yang ideal, ulangi setiap 4 jam. Apalagi kalau sudah terkena air. Memang repot, tapi idealnya seperti itu. Setelah 4 jam, kadar SPF akan menurun.

***

Cara yang tepat memakai sunblock menurut pakar kesehatan tampaknya wajib diketahui, agar kulit tetap sehat meski beraktivitas di luar ruangan. Memakai sunblock harus dilakukan dengan cara yang tepat untuk memastikan kulit terlindungi dari bahaya sinar matahari. 

Cara Menggunakan Sunblock yang Benar! Cara Menggunakan Sunblock yang Benar! Reviewed by SehatQ on December 07, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.