Khasiat Teh Dandelion untuk Menjaga Kesehatan Lever

Dandelion merupakan tanaman liar yang sudah lama dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan tradisional. Tak hanya memiliki bunga yang cantik, berbagai bagian dari tanaman dandelion mulai dari akar, bunga, daun, dan batang dapat diolah menjadi bahan obat alami yang baik untuk kesehatan. Satu metode yang populer adalah menjadikannya teh. Dikatakan bahwa salah satu khasiat teh dandelion yaitu dapat digunakan untuk menjaga kesehatan sekaligus mengobati penyakit lever.



Hati merupakan salah satu organ yang memiliki fungsi sangat penting. Beberapa di antara fungsinya adalah memproduksi empedu, menyimpan energi, dan mengeluarkan sisa metabolisme dari dalam tubuh. Mengabaikan kesehatan hati sama saja dengan mengundang berbagai penyakit untuk datang. 

Menjaga kesehatan hati sama pentingnya dengan menjaga kesehatan organ-organ lain, agar dapat tetap berfungsi dengan baik. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga fungsi hati tetap bekerja secara optimal adalah dengan memperhatikan pola makan serta asupan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Asupan vitamin yang dibutuhkan untuk tujuan itu dapat didapatkan di dalam teh dandelion. 

Untuk membuat teh dandelion, sesorang memanfaatkan bunganya. Khasiat teh dandelion untuk kesehatan ini bisa didapat jika sesorang mengonsumsi setiap hari, setidaknya sebanyak satu cangkir. Pasalnya, bunga dandelion ini kaya akan vitamin A, C, K, mineral, kalsium, mangan, zat besi, dan kalium. 

Teh dandelion juga mengandung vitamin C dan nutrisi lain yang dapat membersihkan lever, mendukung penyerapan mineral, mengurangi peradangan, dan mencegah penyakit. Selain itu, dandelion juga bisa membantu mengelola sistem pencernaan dengan baik. Para ahli percaya jika nutrisi yang terkandung di dalam dandelion akan membantu lever memproduksi cairan empedu. Cairan empedu ini sendiri sangat penting dalam menghilangkan racun dalam tubuh.

Bagi penderita diabetes, teh dandelion juga bisa membantu lever memproduksi glikogen, guna menyetabilkan gula darah dan menekan produksi gula darah. Uniknya lagi, nutrisi pada teh dandelion akan meningkatkan stamina tubuh sekaligus berperan sebagai antioksidan terbaik buat liver.

Cara memanfaatkan teh dandelion cukup mudah. Seseorang dapat mendapat khasiat teh dandelion dengan menyeduhnya terlebih dahulu. Berikut tata caranya:

  • Tuangkan air panas ke dalam gelas yang terdapat potongan kecil daun atau akar dandelion yang telah di panggang

  • Diamkan hingga 5 hingga 10 menit

  • Kemudian keluarkan potongan daun atau akar tadi

  • Teh dandelion sudah dapat dinikmati 

Teh dandelion paling nikmat jika masih hangat, jika rasa teh dandelion dirasa terlalu pahit Anda dapat menambahkan perasan air lemon atau madu ke dalam teh dandelion untuk menikmati rasanya. 

Meskipun teh dandelion diangaap aman untuk dikonsumsi, ternyata teh dandelion dapat memberikan efek samping yang harus diperhatikan. Beberapa kemungkinan tersebut seperti sakit perut dan diare. Efek samping di balik khasiat teh dandelion itu terjadi akibat efek pencahar alami dandelion. 

Jika Anda tidak yakin dengan efek samping yang ditimbulkan akibat mengonsumsi teh dandelion, sebaiknya mulai dengan secangkir kecil untuk melihat respons atau reaksi alami tubuh yang akan muncul. 

Walau sejauh ini belum ada bukti ilmiah yang cukup untuk mengetahui apakah khasiat teh dandelion benar-benar efektif untuk menjaga kesehatan lever, tetapi kenyataannya dandelion telah digunakan sejak zaman dahulu sebagai bahan obat. Jika Anda tetap ingin mencoba, sebaiknya perhatikan juga efek sampingnya. Kalau dirasa perlu, tak salah juga berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi teh dandelion. 


Khasiat Teh Dandelion untuk Menjaga Kesehatan Lever Khasiat Teh Dandelion untuk Menjaga Kesehatan Lever Reviewed by Anonymous on December 04, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.