Senam Irama: Olahraga Menyenangkan yang Menyehatkan

Anda tentu sudah tahu tentang senam poco-poco, bukan? Senam yang dilakukan dengan diiringi musik ini digemari oleh berbagai kalangan. Pernahkah Anda terpikirkan untuk rutin berolahraga, namun dengan gerakan yang bukan itu-itu saja? Senam poco-poco ini termasuk dalam kategori senam irama.

 

Senam irama atau juga dikenal dengan senam ritmik adalah jenis olahraga senam yang dilakukan diiring oleh musik. Senam ini dapat menjadi bentuk latihan fisik bebas yang menyenangkan.

Tidak hanya senam poco-poco, senam irama memiliki berbagai jenis, termasuk salah satunya senam dengan pita, seperti cabang olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade. Senam irama pada dasarnya dapat dilakukan tanpa atau dengan alat bantu, seperti simpai, tongkat, bola, topi, dan ganda.

Bagaimana cara melakukan senam irama dan apa saja jenisnya?

Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan senam irama sebagai rutinitas olahraga, Anda perlu untuk mengenal baik gerakan dasar dari senam irama tersebut. Senam irama memiliki tiga fokus utama, yaitu kelenturan (fleksibilitas), ketepatan musik atau irama, dan kelancaran gerakan.

Gerakan olahraga senam dapat terbagi menjadi beberapa jenis gerakan, yaitu:

       Alat bantu pita: gerakan ini menggunakan pita yang berukuran 6 meter dan dilakukan dengan gerakan berayun atau membentuk lingkaran/spiral yang disesuaikan dengan irama musik.

       Dengan tongkat: untuk melakukan gerakan ini, Anda perlu untuk mengentak-entakkan tongkat ke permukaan lantai, lalu melempar dan menangkap kembali tongkat. Anda juga dapat melakukan gerakan ini dengan sedikit modifikasi agar tetap seirama dengan musik pengiring.

       Tanpa alat bantu: gerakan ini memiliki fokus pada kemampuan menari, teknik, dan gaya dari orang tersebut. Bagi para pemula, dianjurkan untuk memulai latihan senam irama dengan jenis ini.

       Bola karet: gerakan ini dilakukan dengan bantuan bola karet yang memiliki ukuran diameter 18-20 centimeter. Lakukan gerakan melempar, memantulkan, dan menggulingkan bola sambil menggerakan badan sesuai dengan irama musik.

       Bantuan tali: gerakan ini serupa dengan lompat tali, hanya saja memiliki varian gerakan yang lebih banyak, seperti membentuk angka 8, memutar, melempar, berayun, dan berotasi.

       Dengan sampai: tahukah Anda apa itu sampai? Sampai adalah lingkaran besar yang biasanya dibuat dari plastik atau rotan. Cara menggunakan sampai serupa seperti Anda menggunakan hula hoop. Anda dapat melakukan gerakan membentuk angka 8 atau melempar dan menangkap sampai sambil menggerakan tubuh seirama dengan musik.

Manfaat senam irama yang sayang untuk dilewatkan

Lalu, bagaimana dengan manfaat dari senam irama? Walaupun senam irama dianggap tidak memiliki gerakan yang seintensif olahraga lain, seperti berenang, berlari, atau bersepeda, manfaat senam irama tidak boleh Anda anggap remeh, lho.

       Melatih keseimbangan dan kelenturan tubuh

Berbeda dengan olahraga lain yang dilakukan dengan gerakan yang itu-itu saja, gerakan senam irama lebih beragam. Dengan banyaknya gerakan yang dapat Anda lakukan ketika senam irama, hal ini mendorong tubuh untuk bergerak secara menyeluruh, sehingga membuat tubuh menjadi lebih lentur.

Selain itu, gerakan senam irama juga banyak yang membutuhkan kekuatan keseimbangan. Latihan keseimbangan ini penting untuk mengurangi risiko cedera yang mungkin Anda alami ketika beraktivitas maupun berolahraga berat.

       Meredakan stres

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa anak-anak yang secara rutin berolahraga senam memiliki konsentrasi lebih tinggi dan kemampuan memecahkan masalah yang lebih baik. Di samping itu, bagi orang dewasa, senam irama dapat menjadi media yang ideal untuk meredakan stres.
Senam Irama: Olahraga Menyenangkan yang Menyehatkan Senam Irama: Olahraga Menyenangkan yang Menyehatkan Reviewed by Anonymous on August 11, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.