Wajib Tahu! Ini 8 Buah yang Baik untuk Jantung

Bukan lagi rahasia, penyakit jantung menjadi salah satu penyakit yang banyak ditakuti oleh masyarakat. Menurut beberapa penelitian, penyakit jantung dan stroke adalah penyakit nomor satu yang banyak membuat penderitanya meninggal dunia. Meskipun terdengar mengerikan, bukan berarti masalah jantung ini tidak bisa diatasi. Pasalnya, ada banyak buah yang baik untuk jantung dan dengan mengonsumsinya  bisa membantu Anda untuk mengurangi risiko dari terkena penyakit mematikan tersebut. Apa sajakah macam buah yang baik untuk jantung tersebut?



  1. Apel

Siapa yang tidak kenal dengan buah apel? Buah ini memiliki rasa yang manis dan lezat ketika dimakan. Siapa sangka, buah apel ternyata bisa membantu dalam menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Apel mengandung salah satu jenis serat yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Jenis serat ini adalah serat larut. Tak hanya kandungan serat larutnya saja, apel juga memiliki kandungan zat kimia tumbuhan berupa polifenol yang kaya akan antioksidan. Seperti yang diketahui, antioksidan khususnya jenis flavonoid epicatechin yang ada di dalam apel mampu menurunkan tekanan darah yang biasanya merupakan gejala penyakit jantung.

  1. Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang sering ditemukan di sekitar dengan mudah. Rupanya, buah pisang pun menjadi salah satu buah yang baik untuk jantung. Buah pisang memiliki kandungan kalium di dalamnya yang dipercaya bisa membuat jantung jadi lebih sehat serta mampu mengontrol tensi darah agar tepat stabil. Kandungan serat di dalamnya juga dipercaya bisa membantu menurunkan risiko seseorang terkenan sakit jantung.

  1. Jeruk

Memiliki rasa yang menyegarkan dan punya banyak kandungan air, jeruk memang dikenal sebagai salah satu buah yang bisa meningkatkan kekuatan sistem imun. Tak hanya itu, jeruk juga bisa membuat kulit jadi lebih sehat. Bahkan, buah yang satu ini punya manfaat baik untuk mencegah penyakit jantung karena bisa menurunkan kadar kolesterol. Adapun beberapa kandungan nutrisi dan vitamin yang baik di dalamnya yakni vitamin C, kolin, serat, dan kalium.

  1. Buah beri

Bagi Anda yang sudah mengalami sakit jantung, tentunya pemeliharaan dan pengontrolan kesehatan jantung sangatlah penting. Kebanyakan penderita penyakit jantung akan mengalami berbagai masalah peradangan. Peradangan ini disebabkan oleh tekanan darah yang tinggi. Meskipun begitu, Anda tidak usah khawatir karena kelompok buah beri seperti misalnya raspberry, stroberi, blueberry dan sebagainya bisa membantu Anda mengatasi masalah peradangan karena penyakit jantung.

  1. Kiwi

Salah satu hal yang paling dianjurkan ketika Anda berisiko terkena penyakit jantung adalah dengan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung kalium dan sebaiknya menghindari makanan yang tinggi kandungan garamnya. Jika sebelumnya pisang dikatakan memiliki kandungan kalium yang baik untuk jantung, lantas bagaimana jika Anda bosan dalam mengonsumsinya? Coba ganti konsumsi pisang dengan buah kiwi. Kiwi merupakan salah satu buah yang memiliki rasa yang segar dengan daging buah berwarna hijau. Rupanya, buah yang satu ini memiliki kandungan kalium sangat tinggi yang menyehatkan jantung.


Selain beberapa buah tersebut, masih banyak buah yang baik untuk jantung lainnya. Apapun buah tersebut, jika memiliki kandungan kalium dan serat baik, maka baik juga dikonsumsi oleh orang-orang yang berisiko atau sudah terkena penyakit jantung. Tentunya, konsumsi buah tersebut harus diimbangi juga dengan pola makan yang sehat dan teratur, serta gaya hidup sehat, dan rutin berolahraga agar jantung Anda tetap stabil dan terhindar dari sakit.


Wajib Tahu! Ini 8 Buah yang Baik untuk Jantung Wajib Tahu! Ini 8 Buah yang Baik untuk Jantung Reviewed by Anonymous on December 01, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.