Manfaat dan Cara Push Up yang Benar Sesuai Levelnya

Manfaat dan Cara Push Up yang Benar Sesuai Levelnya

Mengetahui teknik dan cara push up yang benar untuk mendapatkan bentuk otot tubuh yang ideal. Tidak hanya itu, push up bisa berguna membangun kekuatan tubuh bagian atas seperti trisep, otot dada, dan juga bahu. Untuk mendapatkan hasil tersebut, Anda perlu mengetahui cara push up yang benar.

Push up yang dilakukan setiap hari bisa memberikan manfaat bagi kesehatan jantung. Jenis latihan ini bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh jika dilakukan dengan benar. 

Manfaat Push Up bagi Tubuh dan Kesehatan

Rutin melakukan push up tentu memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja?

  • Memperkuat Sendi Bahu

Push up termasuk latihan yang cukup efektif untuk memperkuat otot di sendi bahu. Anda bisa meningkatkan jumlah dan frekuensi push up secara bertahap untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Namun, tidak melakukan push up secara berlebihan agar tidak menyebabkan cedera tendon dan otot.

  • Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Jantung

Menurut beberapa penelitian, push up dapat memperkuat otot dan penurunan risiko penyakit kardiovaskular. 

Dalam penelitian tersebut, melibatkan 1.104 pria paruh baya. Pria yang melakukan push up lebih dari 40 kali sehari, kemungkinan mengalami penyakit jantung 96 persen lebih kecil dibanding mereka yang hanya push up sebanyak 10 kali. Akan tetapi, masih perlu penelitian lebih lanjut untuk melihat manfaat serupa pada wanita atau pun kelompok usia yang lebih tua.

  • Meningkatkan Kekuatan dan Massa Otot

Tahun 2015 ada studi yang menyebut bahwa push up bisa meningkatkan kekuatan dan massa otot. Manfaat ini didapat tergantung pada variasi push up yang dilakukan.

Cara Push Up yang Benar Sesuai Levelnya

Agar mendapatkan manfaat dari push up yang dijelaskan di atas, tentu Anda harus tahu cara push up yang benar agar tidak melakukan hal-hal yang sia-sia. 

Berikut beberapa cara yang bisa Anda coba dan lakukan sesuai dengan levelnya.

  • Pemula: Push Up di Dinding

Wall push up atau push up di dinding ini bisa dilakukan oleh pemula. Bisa dilakukan dengan memanfaatkan dinding yang datar. Anda bisa berdiri depan dinding datar dengan telapak tangan diletakkan menempel di dinding. Buka lengan selebar dan setinggi bahu.

Tekuk siku dengan memajukan badan mendekat ke depan dinding. Tahan sekitar 1-2 detik sambil menarik napas. Kemudian, buang napas dan dorong tubuh kembali ke posisi awal secara perlahan dengan lengan Anda.

  • Intermediate: Push up Berlutut

Posisikan tubuh Anda seperti posisi push up yang benar. Hanya saja, lutut menjadi tempat tumpuan. Cara melakukannya dengan meletakkan tangan di lantai selurus dengan wajah ke depan. Lalu, posisi kaki disilang. Kemudian, turunkan dada secara perlahan mendekat lantai tahan beberapa detik. Lalu, kembali ke posisi semula dengan mendorong tubuh dengan lengan.

  • Advanced: Push up Sempurna

Push up sempurna merupakan gerakan yang sudah tahap lanjutan jika sudah bisa melakukan push up yang lebih mudah. Push up sempurna ini sebaiknya dilakukan langsung di lantai tanpa menggunakan alas. 

Posisikan tangan di lantai, dibuka selebar bahu dengan ujung kaki bertumpu pada jari kaki. Pastikan tubuh memiliki posisi lurus sempurna, jangan sampai melengkung di bagian punggung atau bokong.

Pastikan siku membentuk 90 derajat dengan menurunkan bahu. Dorong baju dan lengan hingga lurus ke depan yang dilakukan sambil menarik napas. Jika Anda masih pemula, lakukan secara bertahap.

Setelah mengetahui cara push up yang benar, Anda bisa mempraktikkannya agar mendapat berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh. Sebaiknya tidak berlebihan melakukan latihan jenis push up agar menghindari risiko cedera.

Manfaat dan Cara Push Up yang Benar Sesuai Levelnya Manfaat dan Cara Push Up yang Benar Sesuai Levelnya Reviewed by SehatQ on December 01, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.