Salah Satu Manfaat Daun Kelor: Mampu Menurunkan Berat Badan?

Daun kelor telah digunakan sebagai obat tradisional sejak ribuan tahun lalu di India. Manfaat daun kelor pun juga telah dirasakan banyak orang, salah satunya yaitu membantu menurunkan berat badan. Beberapa studi telah membuktikan keefektifannya dalam mengurangi dan memecah lemak di dalam tubuh. 



Pengaruhnya dalam menurunkan berat badan

Daun kelor dipercaya membantu menurunkan berat badan. Hal ini bukan tanpa alasan, sebuah studi menunujukkan bahwa daun kelor kaya akan kandungan quercitrin yang menunjukkan aktivitas sangat baik dalam menghambat penumpukan lemak. Tak hanya itu, quercitrin dan komponen di dalam daun kelor lainnya memiliki efek menghambat adipogenesis atau proses pembentukan sel lemak. 

Terdapat penelitian secara langsung ke manusia mengenai pengaruh daun kelor dengan penurunan berat badan. Namun, penelitian tersebut mencampur daun kelor dengan bahan lain dalam bentuk suplemen. Penelitian menunjukkan beberapa orang yang mengalami obesitas mengonsumsi suplemen yang terdiri dari kelor, kunyit, kari selama 8 minggu. Hasilnya, berat badan pun turun lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya.

Tak hanya itu, orang dengan kondisi overweight mengalami penurunan kadar kolesterol jahat atau LDL dan mengalami peningkatan kolesterol baik atau HDL setelah diberi suplemen dengan komposisi kelor, kunyit, kari. 

Oleh karena itu, penurunan berat badan belum bisa dipastikan karena efek daun kelor atau kombinasi seluruh bahan pembuat suplemen.    

Apa saja bentuk olahan daun kelor?

Untuk menikmati daun kelor, Anda tak harus mengonsumsinya dalam bentuk daun segar. Saat ini telah tersedia berbagai macam bentuk olahan daun kelor yang lebih praktis saat akan dikonsumsi, diantaranya:

  1. Minuman hangat

Daun kelor memiliki rasa pedas sehingga Anda bisa menambahkan jenis rempah lain seperti kayu manis atau air perasan lemon. Minuman hangat daun kelor diolah dengan cara mendidihkan daun kelor segar selama beberapa menit. Anda dapat meminumnya sebelum tidur karena minuman ini bebas kafein.  

  1. Bubuk

Dibandingkan bentuk olahan lainnya, bubuk daun kelor paling populer digunakan. Hal ini disebabkan karena bubuk mudah dicampur dengan minuman lain seperi smoothie atau yogurt. Saran dalam satu kali penyajian yaitu sekitar 2-6 gram. Bubuk daun kelor berasal dari daun kelor kering yang dihaluskan. 

  1. Kapsul

Suplemen bentuk kapsul terdiri dari ekstrak daun kelor. Proses ekstraksi digunakan karena hasilnya mampu meningkatkan daya serap di dalam tubuh. Anda dapat mengetahui komposisi kapsul dengan cara membaca label kemasan. Biasanya, terdapat keterangan apakah daun kelor dalam bentuk bubuk atau ekstrak. 

Hal lain yang perlu diperhatikan

Proses menurunkan berat badan tak hanya dengan mengonsumsi bahan pangan tertentu. Berhasil atau tidaknya tergantung pada pola makan rendah kalori, aktivitas fisik dan olahraga yang cukup, serta pola dan kualitas tidur yang baik. 

Idealnya seseorang mampu mengurangi 500-1000 kkal setiap hari dari kebiasaan makan sebelumnya. Diharapkan berat badan akan berkurang 0,5-1 kg setiap minggu. Apabila penurunan berat badan lebih dari itu, maka dikhawatirkan mengganggu metabolisme dan tubuh akan mengalami efek yoyo. Efek ini diakibatkan penurunan berat badan di awal diet, namun beberapa waktu setelahnya berat badan akan kembali meningkat lebih banyak dibandingkan sebelum diet. 

Sebaiknya konsultasikan menu diet penurunan berat badan berkaitan dengan konsumsi bahan pangan atau menu diet tertentu ke dokter atau ahli gizi. 


Salah Satu Manfaat Daun Kelor: Mampu Menurunkan Berat Badan? Salah Satu Manfaat Daun Kelor: Mampu Menurunkan Berat Badan? Reviewed by Anonymous on December 16, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.