Inilah Penyebab Cepat Lapar Walau Sudah Makan. Apa Saja?

Normalnya, perasaan lapar baru akan muncul kembali setelah 4 jam sejak terakhir kali Anda makan. Akan tetapi, seseorang bisa merasa lapar padahal baru saja makan. Mengapa demikian? Ternyata ada berbagai penyebab cepat lapar yang Anda rasakan tersebut. Berikut ini merupakan beberapa penyebab cepat lapar yang sebaiknya Anda pahami. 



  1. Terlalu banyak konsumsi karbohidrat

Orang sering mengira bahwa karbohidrat akan membuat kenyang lebih lama seperti kue kering, biskuit, pasta, nasi, dan mie. Faktanya, tubuh yang mengkonsumsi karbohidrat terlalu banyak akan mengalami kenaikan gula darah secara cepat sehingga terasa kenyang. Namun setelahnya Anda akan mengalami penurunan gula darah dengan cepat dan hal tersebut akan membuat Anda merasa mudah lapar. 

  1. Dehidrasi

Seringkali ketika Anda dehidrasi atau haus, tubuh kebingungan memberi tanda sehingga Anda mengira bahwa Anda lapar. Padahal yang diperlukan oleh tubuh adalah asupan cairan. Kondisi dehidrasi memang dapat memicu rasa cepat lapar. 

  1. Kurang asupan serat

Asupan serat yang dianjurkan perharinya untuk wanita adalah sebanyak 25 gram, sedangkan untuk laki-laki sebanyak 38 gram. Apabila asupan serat bagi tubuh kurang, maka hal tersebut dapat menjadi penyebab tubuh merasa cepat lapar. Selain itu, serat juga sangat penting untuk mencegah sembelit dan menjaga pencernaan tetap sehat. Serat bisa didapatkan dari sayur-sayuran dan buah tertentu. 

  1. Kondisi stres

Pekerjaan yang menumpuk, cicilan biaya tertentu, serta berbagai masalah lainnya bisa memicu Anda mengalami stres. Kondisi stres ini dapat menjadi penyebab Anda merasa cepat lapar padahal sudah makan sebelumnya. Saat Anda mengalami stres maka hormon kartisol yang menyebabkan peningkatan rasa lapar di tubuh pun meningkat. 

  1. Konsumsi garam berlebih

Selain buruk bagi jantung, ternyata mengkonsumsi garam secara berlebihan dapat menyebabkan Anda merasa cepat lapar. Menurut penelitian, seseorang yang mengonsumsi garam berlebihan juga akan makan dalam jumlah lebih banyak. Akan tetapi, demi kesehatan sebaiknya Anda membatasi konsumsi garam harian. 

  1. Kurang tidur

Kondisi kurang tidur dapat menyebabkan berbagai masalah tubuh seperti perubahan mood menjadi kurang semangat, badan lemas, serta merasa cepat lapar. Tubuh membutuhkan minimal 6 jam setiap harinya untuk tidur secara efektif. Jika tidak terpenuhi, efeknya adalah Anda akan merasa cepat lapar bahkan setelah makan. 

  1. Terlalu banyak berolahraga

Penyebab cepat lapar lainnya adalah tubuh terlalu banyak berolahraga. Saat Anda berolahraga maka tubuh akan membakar kalorinya. Hal itulah yang kemudian memicu rasa lapar. Untuk itu, Anda dapat mengonsumsi makanan lebih banyak sebelum berolahraga sehingga cadangan energi di tubuh pun lebih banyak. 

  1. Kondisi medis tertentu

Pada beberapa kasus medis tertentu bisa saja Anda mengalami rasa cepat lapar. Beberapa kondisi medis tersebut di antaranya seperti diabetes, hipertiroidisme, dan hipoglikemia. Kondisi kesehatan mental juga bisa berpengaruh terhadap rasa mudah lapar seperti depresi dan kecemasan. 

  1. Konsumsi alkohol berlebih 

Saat Anda mengonsumsi alkohol secara berlebihan maka sinyal lapar akan dikirimkan ke otak. Bahkan jika Anda mengonsumsi alkohol sebelum makan maka dapat menjadi lebih sensitif terhadap aroma makanan. 


Agar kondisi cepat lapar tidak terus menerus terjadi, maka sebaiknya Anda mengatasi penyebabnya. Setelah penyebab cepat lapar teratasi, Anda juga dapat menerapkan beberapa cara untuk mencegah rasa mudah lapar padahal sudah makan sebelumnya. Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang tepat dengan asupan nutrisi seimbang. Bacalah label nutrisi pada makanan sebelum Anda mengonsumsinya. Selain itu, kurangi konsumsi karbohidrat berlebihan. Anda juga perlu berisitirahat dengan cukup setiap harinya. Dengan begitu, semoga rasa cepat lapar tidak mudah muncul.


Inilah Penyebab Cepat Lapar Walau Sudah Makan. Apa Saja? Inilah Penyebab Cepat Lapar Walau Sudah Makan. Apa Saja? Reviewed by Anonymous on December 16, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.