8 Manfaat Daun Mengkudu Bagi Kesehatan

8 Manfaat Daun Mengkudu Bagi Kesehatan

Sudah banyak yang tahu jika buah mengkudu memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Namun tahukah kamu kalau daun mengkudu juga memiliki khasiat? Manfaat daun mengkudu sangat beragam terutama untuk kesehatan.

Lalu seperti apa manfaat daun mengkudu tersebut? Berikut penjelasannya.

  • Manfaat Daun Mengkudu untuk Mengatasi Ruam Kulit

Ruam pada kulit sering kali membuat kamu merasa tidak nyaman, terutama jika kamu sedang berkeringat karena hal tersebut membuat ruam terasa gatal. Ternyata masalah ini dapat diatasi oleh daun mengkudu, lo!

Kamu dapat menumbuk daun mengkudu sampai berubah menjadi bubuk lalu oleskan pada bagian yang gatal.

  • Mengatasi Sirkulasi Menstruasi Tidak Teratur

Stres, bekerja berlebihan, atau kurang makan sering kali membuat tubuh kekurangan nutrisi dan mengakibatkan siklus menstruasi kamu terlambat.

Ketika siklus menstruasi mulai terganggu, kamu harus segera mengatasinya agar tubuhmu dapat kembali berfungsi seperti normal.

Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengonsumsi air rebusan daun mengkudu.

Daun ini sering kali dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai ramuan alami untuk mengatasi siklus menstruasi yang terlambat.

  • Mengurangi Stress

Masih berkaitan dengan mengatasi siklus menstruasi, rebusan air daun mengkudu juga membantu mengurangi stress.

Agar mendapatkan dampak yang maksimal, kamu dapat meminum air rebusan air daun mengkudu secara rutin sambil berolahraga.

  • Manfaat Daun Mengkudu untuk Mengatasi Encok

Encok adalah salah satu jenis penyakit arthritis yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat pada bagian persendian di tubuh.

Sebuah penelitian menunjukan bahwa air rebusan daun mengkudu sangat bermanfaat untuk mengurangi konsentrasi asam urat pada darah.

Hal tersebut dapat mengatasi encok yang ada pada tubuh dan mengurangi risiko tubuh terkena encok.

  • Mencegah Stroke

Daun mengkudu mengandung zat antioksidan dan zat antiinflamasi yang tinggi.

Kedua komponen ini sangat penting untuk menjaga kesehatan organ-organ pada tubuh, seperti menjaga tubuh dari terkena penyakit stroke.

Zat antioksidan pada daun mengkudu juga bermanfaat untuk melindungi kerusakan otak yang disebabkan oleh gangguan aliran darah ke otak.

Selain itu, mengonsumsi air rebusan daun mengkudu juga dapat mengatasi pembengkakan pada pembuluh darah, sehingga sirkulasi darah menjadi lancar dan mengurangi risiko kamu terkena stroke.

  • Mengurangi Berat Badan

Ingin tubuh lebih ramping, ideal, dan langsing? Caranya mudah, kamu dapat mengonsumsi daun mengkudu saja! Daun mengkudu dapat mengurangi penumpukan trigliserida yang tersimpan pada sel lemak di tubuh. Hal tersebut dapat membuat berat badanmu turun dan tubuhmu jadi terlihat lebih ideal.

  • Manfaat Daun Mengkudu untuk Mencegah Hipertensi

Daun mengkudu juga dapat mencegah risiko terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi. Kamu dapat secara rutin mengonsumsi air rebusan daun mengkudu sampai gejala hipertensi berkurang.

  • Mencegah Kanker

Kanker adalah salah satu penyakit berbahaya yang sangat mematikan. Menurut sebuah penelitian, daun mengkudu menyimpan kandungan senyawa antioksidan yang mampu meningkatkan sistem imun tubuh dan membunuh sel kanker.

Mengonsumsi air rebusan daun mengkudu secara rutin dapat mengurangi gejala kanker dan menghambat pertumbuhan kanker.

Itulah manfaat daun mengkudu yang perlu diketahui. Dengan mengetahuinya kamu jadi tidak perlu takut dan makin yakin mengonsumsi daun mengkudu untuk menikmati manfaat yang diberikan. Memang pasti rasanya tidak enak namun dengan manfaat yang banyak seperti yang sudah disebutkan di atas apakah kamu tidak mau mulai mencoba untuk mengonsumsinya?


8 Manfaat Daun Mengkudu Bagi Kesehatan 8 Manfaat Daun Mengkudu Bagi Kesehatan Reviewed by SehatQ on December 01, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.