Jenis Minuman Sehat untuk Diet dan yang Harus Dihindari

 


Tak hanya makanan, apa yang Anda minum juga dapat memengaruhi berat badan dan kesehatan secara keseluruhan. Umumnya, penurunan berat badan melibatkan perubahan pola makan, minum, dan olahraga. Meskipun tidak ada minuman khusus yang dapat menurunkan berat badan, tetapi beberapa minuman dapat mendukung perubahan gaya hidup jadi lebih sehat. Selain daftar minuman sehat untuk diet yang dapat Anda konsumsi sehari-hari, artikel ini juga membahas minuman apa saja yang sebaiknya dihindari dan tips menurunkan berat badan lainnya.

 

Jenis minuman sehat untuk diet

Ada beberapa minuman sehat untuk diet penurunan berat badan Anda, di antaranya:

 

1.      Air.

Air adalah salah satu minuman paling menyehatkan untuk diet. Air tidak mengandung kalori, meningkatkan proses metabolisme dan fisiologis, membantu detoksifikasi, dan banyak manfaat lainnya. CDC merekomendasikan bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan untuk memilih air daripada minuman yang lebih berkalori atau meningkatkan asupan air secara keseluruhan.

 

2.                  Teh.

Banyak penelitian yang telah berhasil menemukan hubungan antara konsumsi teh hijau dan hitam secara rutin dan penurunan risiko penyakit kardiovaskular, kanker tertentu, dan diabetes. Selain itu, teh hijau juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan mempertahankannya. Hal ini karena adanya dua senyawa utama, yaitu kafein dan senyawa epigallocatechin gallate.

 

3.                  Cuka sari apel.

Cuka sari apel adalah jenis minuman sehat untuk diet yang diklaim memiliki manfaat kesehatan, termasuk membantu menurunkan berat badan. Sebuah studi kecil menemukan bahwa peserta diet kalori terbatas yang juga mengonsumsi cuka sari apel mengalami penurunan berat badan lebih banyak dan kadar kolesterol lebih rendah daripada peserta lain yang hanya mengikuti dietnya.

 

4.                  Minuman berprotein.

Mengonsumsi protein dalam jumlah tinggi dapat membantu Anda untuk menekan rasa lapar dan memberikan rasa kenyang lebih lama. Akibatnya, Anda mungkin mengonsumsi lebih sedikit kalori dan inilah alasan protein dapat membantu menurunkan berat badan. Beberapa contoh minuman berprotein tinggi, seperti smoothie atau shake yang ditambahkan protein whey, rami, kacang polong, dan sejenisnya.

 

5.                  Minuman yang mengandung jahe.

Jahe telah banyak digunakan untuk meningkatkan kesehatan pencernaan selama ratusan tahun. Ini karena sifat anti-inflamasinya, sekaligus dapat memberikan cita rasa dan manfaat tambahan untuk teh panas Anda. Satu studi kecil menemukan bahwa minuman teh panas dan bubuk jahe dapat mengurangi rasa lapar, meningkatkan rasa kenyang, dan mendorong pembakaran kalori. Sayangnya, masih perlu penelitian lebih lanjut akan hal ini, karena hanya ada 10 peserta dalam penelitian tersebut.

 

Minuman yang harus dihindari

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka harus menghindari jenis minuman berikut ini:

 

1.      Soft drinks

Minuman manis berkarbonasi ini penuh kalori dan rendah nutrisi, seperti soda, sehingga tidak akan membantu menurunkan berat badan. Satu kaleng soda (12 ons) dapat mengandung sekitar 10 – 13 sendok teh gula, tergantung pada jenis minumannya.

 

2.                  Jus buah

Jus buah tampaknya memang menyehatkan dan kaya nutrisi. Meskipun gula di dalamnya alami, tetapi jus mengandung begitu banyak gula, sehingga menambah banyak kalori ke dalam makanan Anda. Satu porsi jus jeruk (12 ons) dapat mengandung 10 sdt gula. Pastikan jika Anda ingin minum jus buah, pilihlah jus buah 100% tanpa tambahan gula dan atur porsinya dengan baik.

 

3.                  Minuman berenergi

Minuman lainnya yang harus Anda hindari adalah minuman berenergi, karena biasanya tinggi kalori. Selain itu, minuman berenergi sering kali mengandung pemanis buatan, yang tidak menyehatkan untuk tubuh Anda.

 

4.                  Alkohol

Minuman beralkohol tidak berperan dalam penurunan berat badan Anda, karena tinggi kalori. Minuman bir (12 ons) dapat mengandung 150 Kalori, sedangkan segelas anggur putih (5 ons) menyediakan 100 Kalori. Selain itu, minuman beralkohol dapat mengganggu kesehatan pencernaan dan tidur Anda.

 

Catatan dari SehatQ

Beberapa minuman sehat untuk diet penurunan berat badan di atas bisa Anda tambahkan ke dalam menu harian. Namun, ada juga minuman lainnya yang harus Anda hindari, agar diet Anda tidak gagal. Intinya, minuman yang harus Anda hindari adalah minuman tinggi kalori dan gula, karena minuman ini hanya akan menambah asupan kalori harian Anda. Konsultasikan dengan dokter dan ahli gizi Anda untuk perencanaan menu yang lebih baik dalam program diet Anda.

 

Jenis Minuman Sehat untuk Diet dan yang Harus Dihindari Jenis Minuman Sehat untuk Diet dan yang Harus Dihindari   Reviewed by SehatQ on December 14, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.