Inilah Kandungan Tomat dan Manfaatnya Bagi Tubuh

 Untuk mendapat tubuh yang sehat, tentunya Anda disarankan untuk mengonsumsi berbagi jenis buah dan sayur. Salah satu pilihan makanan sehat yang baik adalah tomat. Manfaat tomat untuk kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi. Selain baik untuk tubuh, manfaat tomat juga tergolong mudah ditemukan dan harganya terjangkau. Berikut ini penjelasan mengenai kandungan tomat dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh. 



Kandungan tomat 


Tomat memiliki berbagai kandungan yang lengkap dan baik untuk tubuh. Berikut ini merupakan berbagai kandungan yang ada dalam tomat. 

  1. Kandungan nutrisi 

Konsumsi tomat sangat baik bagi tubuh sebab terdapat kandungan nutrisi yang cukup lengkap di dalamnya. Berbagai nutrisi dalam tomat yaitu serat, kalori, karbohidrat, air, protein, gula, dan lemak. Kandungan air pada tomat sangat tinggi yaitu sekitar 95%. 

  1. Senyawa tumbuhan 

Tomat memiliki kandungan berupa senyawa tumbuhan yang terdiri dari likopen, bea-karoten, naringenin, dan asam klorogenat. Likopen dan beta-karoten berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh. Sedang naringenin dapat membantu mengatasi peradangan, dan asam klogenat mampu mengendalikan tekanan darah. 

  1. Mineral dan vitamin

Tomat mengandung mineral dan berbagai vitamin di dalamnya. Kandungan mineral dalam tomat adalah kalium yang berfungsi sebagai pengendali tekanan darah dalam tubuh. Kandungan vitamin dalam tomat cukup beragam seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K1, dan vitamin B9 (folat). Semua kandungan vitamin tersebut memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. 


Manfaat tomat 

Tomat memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan yang seringkali tidak disadari oleh banyak orang. Tomat memang dikenal memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk kulit. Namun, ternyata masih banyak manfaat lainnya, lho! Berikut beberapa di antaranya. 

  1. Meningkatkan kemampuan penglihatan 

Kandungan vitamin A dalam tomat sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan penglihatan Anda. Dengan rutin mengonsumsi tomat, Anda dapat mencegah terjadinya rabun senja atau degenerasi makula pada mata. 

  1. Melancarkan pencernaan

Tomat dikenal dengan kandungan seratnya yang tinggi. Kandungan serat dalam tomat inin ternyata bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Konsumsi tomat akan membantu tubuh dalam meransang gerakan peristaltik pada otot saluran pencernaan sehingga mengurangi gejaa konstipasi atau sembelit. 

  1. Mengendalikan tekanan darah

Manfaat lain dari tomat adalah mampu membantu mengendalikan tekanan darah. Adanya kandungan kalium dalam tomat membantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Kalium dapat membantu memperlebar pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lebih lancar. 

  1. Membantu mencegah kanker

Berbagai kandungan dalam tomat memiliki manfaat berbeda bagi kesehatan tak terkecuali likopen dan beta-karoten. Kedua kandungan dalam tomat ini dipercaya dapat membantu mencegah terjadinya kanker terutama kanker prostat. 

  1. Menangkal radikal bebeas

Tubuh yang terpapar radikal bebas terus menerus dapat mengalami kerusakan serius dan mudah terinfeksi berbagai penyakit. Konsumsi tomat dapat membantu menangkal radikal bebas tersebut. Mengapa bisa? Hal itu dikarenakan tomat memiliki kandungan antioksidan yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas. 


Untuk bisa mendapat manfaat tomat secara maksimal, maka sebaiknya Anda mengonsumsinya secara teratur. Anda dapat memakan tomat secara langsung, menjadikannya side dish, dibuat salad, atau diminum menjadi jus. Berbagai variasi pengolahan tomat tentu akan membuat Anda tidak mudah bosan dalam mengonsumsinya. Meski demikian, pastikan Anda tidak mengonsumsi tomat secara berlebihan sebab segala yang berlebihan tidaklah baik. Anda juga bisa menanyakan serta berkonsultasi tentang makanan sehat lain pada ahli gizi atau dokter melalui aplikasi SeahtQ.
Inilah Kandungan Tomat dan Manfaatnya Bagi Tubuh Inilah Kandungan Tomat dan Manfaatnya Bagi Tubuh Reviewed by Anonymous on December 03, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.