Ini Tanda-Tanda Hookworm Infection dan Cara Mengatasinya

 Hookworm infection adalah kondisi saat seseorang terkena infeksi akibat parasit hookworm. Parasit ini masuk ke tubuh manusia melalui kulit dan berkembang di dalam tubuh, sampai akhirnya akan keluar lagi dengan sendirinya melalui kotoran saat buang air besar.

Akan tetapi, parasit hookworm bisa juga menetap dalam waktu yang cukup lama, bahkan sampai setahun, di dalam tubuh Anda. Hal ini akan memicu komplikasi yang tidak baik untuk kesehatan Anda.

 

Gejala hookworm infection

Sebenarnya, jika kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan cukup baik, Anda mungkin tidak akan merasakan gejala tertentu ketiak mengalami hookworm infection. Apalagi jika tubuh Anda memiliki beban parasit yang rendah serta Anda rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi. 

Biasanya, gejala dari infeksi ini sulit dikenali, karena cukup serupa dengan gejala penyakit umum lainnya. Gejala akan dimulai dengan adanya ruam pada kulit Anda yang terasa gatal dan tampak seperti reaksi alergi.

Kemunculan ruam ini memang bisa terjadi sebagai reaksi alergi karena larva dari parasit hookworm masuk ke tubuh Anda. Kemudian, ruam ini akan diikuti dengan perkembangan gejala berikutnya yaitu diare, jika hookworm sudah berkembang di sistem pencernaan Anda. 

Selain itu, beberapa gejala infeksi hookworm lainnya berupa: 

  • Darah pada kotoran saat buang air besar
  • Kehilangan nafsu makan
  • Gatal
  • Mual, demam, dan sakit perut
  • Kram usus
  • Kram dan tangisan berlebihan pada bayi
  • Masalah pernapasan, seperti batuk-batuk dan bersin
  • Kelelahan yang parah

Gejala-gejala di atas memang tampak serupa dengan penyakit lain. Anda tidak serta merta menderita infeksi hookworm jika mengalami gejala di atas. Anda perlu menjalani pemeriksaan lebih lanjut dengan dokter untuk memastikannya.


Cara mengobati hookworm infection

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tubuh yang sehat dan pola hidup yang baik membuat Anda tidak merasakan gejal dari infeksi hookworm. Karena itu, sampai hookworm akhirnya keluar dari tubuh Anda pun, Anda mungkin tidak mengetahui bahwa Anda sudah terinfeksi.

Akan tetapi, jika Anda merasakan gejala, tetap ada cara yang bisa dilakukan untuk mengobatinya. 

Sebelum menentukan jenis pengobatan, dokter akan terlebih dahulu melakukan diagnosa melalui pemeriksaan dengan:

  • Pengambilan sampel dari kotoran Anda untuk memeriksa adanya telur hookworm
  • Pengambilan sampel darah untuk mengetahui apakah Anda mengalami anemia atau kekurangan nutrisi tertentu

Anemia dan kekurangan nutrisi memang menjadi salah satu dampak atau komplikasi dari infeksi hookworm. 

Biasanya, untuk mengobati kondisi ini, cara yang paling efektif adalah menggunakan obat-obatan. Dokter akan meresepkan obat tertentu pada Anda untuk dikonsumsi.

Obat-obatan itu difokuskan untuk mengobati infeksi dengan menghilangkan parasit hookworm dari tubuh, meningkatkan nutrisi dalam tubuh, serta mengobati komplikasi seperti anemia. 

Beberapa jenis obat yang umumnya diresepkan untuk mengobati anemia adalah albendazole dan mebendazole. Obat ini secara garis besar hanya perlu diminum satu kali untuk menghilangkan parasit.

Apabila Anda mengalami anemia akibat hookworm infection, dokter mungkin juga akan menganjurkan untuk mengonsumsi suplemen zat besi. Akan tetapi, suplemen jenis ini tidak selalu cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang di masa kehamilan.

Karena itu, informasikan pada dokter Anda apabila Anda sedang mengandung atau sedang mengonsumsi obat tertentu. Hal ini penting agar pengobatan hookworm infection menjadi lebih maksimal dan tidak menimbulkan reaksi berbahaya dengan obat-obatan lainnya.

Ini Tanda-Tanda Hookworm Infection dan Cara Mengatasinya  Ini Tanda-Tanda Hookworm Infection dan Cara Mengatasinya Reviewed by SehatQ on December 13, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.