Cara Bikin Lesung Pipi Dengan Operasi, Amankah?

Lekukan kecil pada bagian pipi atau yang sering disebut lesung pipi memang membuat seseorang yang memiliknya terlihat lebih menarik dan manis. Karena hal itulah banyak orang yang mungkin menginginkan lesung pipi ketika mereka tersenyum. 



Sayangnya lesung pipi terbentuk secara genetik. Namun, kini Anda bisa memiliki lesung pipi dengan operasi. Ini merupakan salah satu cara bikin lesung pipi secara permanen. Namun, apakah cara ini aman dilakukan? Yuk, simak penjelasan lebih lanjut di bawah ini. 

Cara bikin lesung pipi dengan operasi

Membuat lesung pipi dengan operasi biasa disebut dengan dimpleplasty. Dimpleplasty adalah jenis operasi plastik yang digunakan untuk membuat lesung pipi. Lesung pipi adalah lekukan yang terjadi saat seseorang tersenyum. Mereka paling sering berada di bahian bawah pipi. 

Namun, tidak semua orang memiliki lesung pipi pada wajah. Pada beberapa orang, lesung pipi terjadi secara alami dari lekukan pada dermis yang disebabkan oleh otot wajah yang lebih dalam. Terlepas dari penyebabnya, lesung pipi dianggap oleh sebagian budaya sebagai tanda kecantikan atau bahkan keberuntungan. Karena beberapa manfaatnya tersebut, beberapa orang menginginkan operasi lesung pipi. 

Potensi risiko 

Secara keseluruhan, cara bikin kesung pipi dengan cara operasi ini sangat aman. Dan, jarang sekali terjadinya komplikasi. Namun, meskipun jarang sekali terjadi, laporan mengenai komplikasi yang pernah terjadi, meliputi:

  • Pendarahan yang berlebihan dari tempat sayatan 

  • Hematoma, yaitu penumpukan darah

  • Pembengkakan di daerah wajah

  • Kerusakan saraf akibat operasi ini

  • Infeksi pada sayatan atau tempat pembedahan

  • Infeksi kronis, komplikasi yang sangat langka yang menghasilkan nodul atau abses akibat infeksi (aktinomikosis) oleh bakteri tertentu yang biasanya terdapat di mulut dan hidung

  • Kegagalan operasi, seperti asimetri lesung pipi atau hilangnya

  • Jaringan parut

Jika Anda mengalami pendarahan yang berlebihan atau keluarnya cairan di tempat operasi segera temui dokter Anda. kemungkinan Anda mengalami infeksi. Semakin dini infeksi diobati, semakin kecil kemungkinan menyebar ke aliran darah dan menyebabkan komplikasi lebih lanjut. 

Jaringan parut adalah efek samping yang jarang terjadi tetapi pasti tidak diinginkan dari dimplesplasty. Ada juga kemungkinan Anda tidak akan menyukai hasilnya setelah selesai. Namun, sulit untuk membalikkan efek dari jenis operasi ini. 


Kontradiksi 

Mengingat ruang lingkup operasi lesung pipi yang relative terbatas, hal ini dapat ditoleransi oleh kebanyakan orang, dan tidak ada kontradiksi langsung. Namun, ahli bedah perlu mempertimbangkan ketepatan prosedur dalam kasus tertentu karena hal ini dapat meningkatkan kemungkinan komplikasi, seperti infeksi. Ini termasuk:

  • Merokok 

  • Operasi wajah sebelumnya

  • Operasi gigi sebelumnya

  • Kebersihan dan kesehatan gigi yang buruk

  • Infeksi mulut, seperti herpes

Sebelum melakukan operasi lesung pipi, Anda dan ahli bedah plastik akan memeriksa riwayat kesehatan dna gigi Anda terlebih dahulu. 

Makanan dan minuman

Karena operasi lesung pipi biasanya tidak dilakukan dengan anatesi umum, di mana Anda dibuat tidur, hanya ada sedikit pantangan makanan sebelum operasi. Seperti yang akan diberitahukan dokter kepada Anda, hal ini biasanya meliputi:

  • Tidak mengonsumsi makanan setelah tengah malam sebelum operasi

  • Tidak mengonsumsi alkohol setelah tengah malam sebelum operasi

  • Tidak mengonsumsi jus yang lebih kental atau susu setelah tengah malam pada hari sebelumnya

  • Cairan bening (air, minuman ringan, teh, kopi) dapat dikonsumsi hingga empat jam sebelum janji temu dengan dokter. 


Cara bikin lesung pipi dengan operasi atau dimpleplasty memang memiliki risiko yang minim dan jarang terjadi, meskipun ada laporan tentang efek samping di atas. Namun, secara keseluruhan, risiko jarang terjadi. Pada kebanyakan orang yang menjalani operasi memiliki pengalam positif. Jadi, sebelum melakukan prosedur ini tetap berkonsultasi dengan dokter, ya


Cara Bikin Lesung Pipi Dengan Operasi, Amankah? Cara Bikin Lesung Pipi Dengan Operasi, Amankah? Reviewed by Anonymous on December 30, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.