Waspadai Radiasi Hp yang Dapat Mengganggu Kesehatan Bayi

Waspadai Radiasi Hp yang Dapat Mengganggu Kesehatan Bayi

Akhir-akhir ini, gadget menjadi salah satu alternatif paling populer untuk menenangkan anak. Mereka ingin membuat buah hatinya senang, tetapi kegiatan itu bisa menjadi masalah baru. Sebab radiasi hp dapat mengganggu kesehatan bayi. Masalahnya, banyak orang tua seringkali mengabaikan atau bahkan tidak mengetahui bahaya ini. 

Ada beberapa efek dari radiasi hp bagi bayi, hal itu disebabkan karena perkembangan otak dan kondisi tempurungnya belum sempurna. Radiasi yang dipaparkan hp berpotensi lebih berbahaya dibandingkan orang dewasa yang sudah sempurna perkembangannya. 

Bahaya radiasi hp terhadap bayi tidak boleh disepelekan walaupun resikonya tidak langsung terjadi. Menjadi penting para orang tua mengetahui bahaya dari radiasi hp sehingga mereka bisa melakukan pencegahan. 

Mengapa Radiasi Hp Berbahaya bagi Bayi 

Hp akan memancarkan radiasi yang disebut sebagai Microwave Radiation (MWR). MWR bersifat karsinogenik yang dapat memicu timbulnya kanker. Bahaya radiasi hp beresiko lebih tinggi terjadi pada bayi. Tubuh bayi lebih mudah menyerap radiasi 2 kali lipat dibanding tubuh orang dewasa. 

Otak bayi dilindungi oleh tengkorak yang ukurannya lebih tipis daripada dewasa, sehingga radiasi lebih mudah tembus. Ukuran tubuh bayi juga lebih kecil sehingga dampak radiasi pada mereka lebih besar. Berikut bahaya radiasi hp yang dapat ditimbulkan kepada bayi:

  • Tumor otak

Tumor otak dapat terjadi karena radiasi yang berasal dari handphone. Sebuah penelitian menunjukan adanya peningkatan jumlah penderita tumor otak pada anak-anak yang memiliki riwayat paparan terhadap MWR sejak kecil. Lama waktu paparan sekitar >30 tahun sampai dengan timbulnya gejala tumor otak tersebut.

Jika Anda memiliki bayi usia dari 0-6 bulan sebaiknya jangan terlalu sering bermain handphone apalagi ketika sedang menggendong si kecil. Hindari juga menaruh handphone di dekat buah hati. Hal tersebut tidaklah dianjurkan sebab risiko tumor otak sangat besar terjadi.

  • Kerusakan DNA

Selain tumor otak yang mampu muncul dan membahayakan kesehatan bayi Anda ketika terpapar radiasi handphone adalah kerusakan DNA. Hal ini tak hanya bisa terjadi pada anak yang masih bayi, tapi juga berbahaya serta mengancam anak-anak yang usianya lebih tua.

  • Fungsi otak dan saraf pusat terganggu

Insomnia alias gangguan tidur berupa susah tidur di malam hari adalah salah satu gangguan fungsi otak yang bisa saja terjadi pada bayi apabila paparan radiasi dari handphone cukup sering dan besar. Kalau orang dewasa pengguna handphone saja dapat mengalami hal ini, tentu otak bayi yang masih belum sempurna akan lebih mudah terdampak.

  • Kanker kelenjar getah bening

Bahaya mengerikan lainnya yang harus diketahui oleh orang tua adalah bahwa risiko kanker kelenjar getah bening juga tinggi pada bayi yang terlalu sering terpapar radiasi hp. Tentu saja hal tersebut ada kaitannya dengan kebiasaan menggunakan handphone yang cukup intens di dekat bayi serta tidak membiarkan bayi Anda bermain handphone dalam waktu yang lama.

***

Dampak buruk radiasi hp memang tidak secara instan muncul pada anak. Namun, paparan yang tinggi dan terus menerus dapat menimbulkan efek yang buruk di kemudian hari. Saat mengasuh anak, usahakan Anda benar-benar meluangkan waktu khusus untuknya. 

Meski hal ini menjadi sebuah tantangan bagi orang tua, apalagi jika bayi atau anaknya merengek minta dipinjamkan hp. Sebaiknya orang tua bisa lebih bijak lagi dalam memberikan hp kepada mereka. Pikirkan dampak atau efek buruk dari radiasi hp itu demi kondisi kesehatan mereka kelak.


Waspadai Radiasi Hp yang Dapat Mengganggu Kesehatan Bayi Waspadai Radiasi Hp yang Dapat Mengganggu Kesehatan Bayi Reviewed by SehatQ on December 15, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.