7 Manfaat Ayam Kalkun Untuk Kesehatan

Jika Anda bosan makan ayam, kalkun bisa menjadi pilihan pengganti. Selain rasanya yang mirip dengan ayam, ternyata kalkun cukup memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Kandungan protein, vitamin, dan mineral pada kalkun cukup tinggi. Selain itu, kalkun juga terkenal dengan kandungan vitamin B dan omega-3 yang baik bagi tubuh. Bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan, kalkun merupakan salah satu makanan yang cocok untuk dikonsumsi. Berikut ini merupakan beberapa manfaat ayam kalkun untuk kesehatan. 



  1. Baik bagi tulang dan otot

Apabila Anda mengonsumsi ayam kalkun secara teratur, maka manfaatnya akan dirasakan oleh tulang dan otot. Massa otot pada tubuh akan berkurang sehingga menjadi mudah cedera. Protein yang baik pada kalkun dapat membantu memperkuat massa otot. Untuk tulang dan gigi, kandungan fosfor dalam ayam kalkun dapat membantu pertumbuhan dan kesehatan. 

  1. Mencegah kanker dan alzheimer

Manfaat ayam kalkun adalah mencegah kanker dan alzheimer. Kandungan selenium pada ayam kanker dapat membantu menurunkan risiko kanker payudara, paru-paru, lambung, serta saluran kemih. Selain itu, dengan mengonsumsi ayam kalkun maka Anda dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan demensia. Nutrisi pada ayam kalkun mampu menjaga daya ingat dan kemampuan berpikir yang menurun karena usia. 

  1. Sumber protein bagi tubuh 

Telur, ikan, ayam biasa, juga daging sapi merupakan sumber protein bagi tubuh. Di samping itu, ayam kalkun juga menjadi salah satu sumber protein yang baik bagi tubuh. Sayangnya, tubuh tidak dapat menyimpan protein. Oleh karena itu, Anda perlu mengonsumsi ayam kalkun setiap hari untuk memenuhi kebutuhan protein harian. 

  1. Mencegah anemia dan insomnia

Manfaat ayam kalkun lainnya adalah mencegah anemia dan insomnia. Kandungan zat besi, fosfor, kalium, dan seng akan membantu meningkatkan jumlah sel darah merah di tubuh sehingga dapat mencegah anemia. Selain itu, manfaat ayam kalkun juga bisa mencegah insomnia sebab terdapat kandungan triptofan yang bersifat menyenangkan dan menenangkan. Kandungan selenium dalam ayam kalkun dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Sedangkan vitamin B6 dan B3 dapat membantu mengontrol insomnia yang dialami. 

  1. Baik bagi penderita diabetes

Untuk penderita diabetes, konsumsi ayam kalkun bisa menjadi pilihan aman sebab indeks glikemik rendah. Apa itu? Indeks glikemik merupakan kemampuan suatu makanan atau minuman dalam meningkatkan gla darah setelah dikonsumsi. Para penderita diabetes disarankan mengonsumsi berbagai makanan dengan indeks glikemik rendah termasuk ayam kalkun. 

  1. Menyehatkan jantung 

Ayam kalkun kaya akan kandungan asam amino yang dapat membantu menjaga arteri jantung terbuka. Hal tersebut bertujuan agar aliran darah yang menuju ke jantung menjadi lebih lancar. Selain itu, ayam kalkun sangat sehat bagi jantung sebab kandungan garam dan kalorinya rendah selama Anda dapat mengolahnya dengan sesuai. Hindari konsumsi bagian kulitnya untuk mendapat manfaat maksimalnya. 

  1. Menurunkan kolesterol

Kolesterol tinggi merupakan masalah yang sering dialami oleh banyak orang. Seseorang yang memiliki kadar kolesterol tinggi dalam tubuh perlu menjaga makanan dengan benar. Salah satu jenis makanan yang dapat dikonsumsi dan bermanfaat menurunkan kadar kolesterol adalah ayam kalkun. Kandungan niacin dalam ayam kalkun akan membantu mengurangi kolesterol buruk dalam tubuh. 


Apabila Anda ingin memasak kalkun, berbagai jenis olahan bisa dicoba. Anda dapat mengolah ayam kalkun menjadi sandwich, mie kalkun, ayam kalkun panggang, serta pasta dengan ayam kalkun. Berbagai resep olahan ayam kalkun lainnya juga bisa Anda dapatkan melalui internet. Untuk mendapat manfaat ayam kalkun secara maksimal, Anda perlu memperhatikan olahan yang tepat dan disesuaikan dengan kondisi tubuh.


7 Manfaat Ayam Kalkun Untuk Kesehatan 7 Manfaat Ayam Kalkun Untuk Kesehatan Reviewed by Anonymous on December 16, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.