Alternatif Makanan untuk Ibu Menyusui Makan Mie Instan

 Tidak ada makanan khusus yang harus dimakan oleh ibu menyusui. Bahkan tak ada salahnya jika sesekali ibu menyusui makan mie instan, karena hal itu tidak membawa dampak berbahaya bagi kesehatan bayi.



Namun perlu diingat bahwa mie instan termasuk salah satu makanan yang tidak mengandung nutrisi apapun. Mie instan juga sarat akan kalori, karbohidrat, dan zat aditif lainnya, sehingga mungkin akan menyebabkan efek samping pada orang yang sering memakannya. 

Makanan pengganti mie yang bisa dicoba

Menjaga tingkat energi sangat diperlukan untuk ibu baru. Dalam fase ini ibu harus menerima makanan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan asupan dua orang, yakni ibu dan bayinya. 

Karena bahan utama mie instan adalah tepung, memakannya dalam jumlah banyak tidak akan mencukupi kebutuhan nutrisi harian ibu. Mie instan juga sangat rendah protein dan serat, sehingga memakan mie instan akan menghasilkan rasa kenyang dalam waktu yang sebentar. Beberapa waktu kemudian dapat dipastikan Anda kembali merasa lapar.

Berikut ini alternatif makanan terbaik untuk ibu menyusui makan mie:

  1. Buah kering

Buah kering seperti kismis, plum, dan apel adalah camilan sehat yang lezat untuk dimakan. Selain mengandung sejumlah nutrisi, satu porsi buah-buahan kering dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. 


Memakan buah kering dalam jumlah banyak juga tidak akan membuat Anda kegemukan, tapi justru membantu menurunkan berat badan pasca kehamilan.


  1. Kacang tanah

Ibu menyusui makan mie instan harus mencoba memakan kacang tanah untuk membatasi konsumsi mie instan yang berlebihan. 


Kacang tanah kaya akan lemak, protein, dan berbagai nutrisi penting lainnya yang dapat membantu melawan malnutrisi. Ahli gizi bahkan percaya kacang tanah rebus membawa dampak positif pada pasien sindrom ovarium polikistik (PCOS).  


  1. Kacang polong

Alternatif cemilan yang sehat selanjutnya adalah kacang polong panggang atau kacang arab (chana). Jenis kacang ini rendah karbohidrat dan lemak, serta tinggi serat dan protein. 





  1. Makanan berbahan dasar gandum

Dibanding makanan bertepung, hidangan berbahan dasar gandum jauh lebih bernutrisi dan kaya serat. Memakan makanan olahan gandum dapat membuat ibu kenyang lebih lama dan mencegah masalah pencernaan seperti sembelit. 


  1. Pisang

Buah dan sayur mayur sangat direkomendasikan bagi ibu hamil dan menyusui, salah satunya meningkatkan kesehatan usus. Anda bisa menjadikannya sebagai salad atau memakannya langsung. 


Pisang menjadi salah satu buah yang sangat berguna dalam menambah energi dan memperpanjang rasa kenyang. Selain itu, memakan buah pisang dapat meningkatkan suasana hati positif dan bermanfaat bagi penderita hipertensi.


  1. Cokelat hitam

Cokelat hitam merupakan makanan peningkat mood terbaik. Cokelat hitam juga kaya akan kandungan magnesium dan zinc yang bertanggung jawab untuk memperbaiki warna kulit seseorang.


Pastikan untuk memilih cokelat hitam tanpa gula atau komposisi tambahan lainnya. Gula dan susu tambahan pada cokelat berkontribusi terhadap peningkatan berat badan.

Cara memakan mie instan secara sehat

Jika ibu menyusui bersikeras untuk memakan mie instan, cobalah tips berikut untuk membuat mie instan Anda lebih bergizi:

  • Menambahkan sayuran hijau ke dalam mie instan, misalnya sawi hijau, bok choy, atau bayam

  • Kombinasikan dengan kimchi (makanan fermentasi Korea) dan tahu

  • Menambahkan telur rebus dan brokoli

  • Tambahkan wortel dan edamame

  • Beri sentuhan rumput laut wakame

Meskipun ada cara aman ibu menyusui makan mie instan, konsumsi mie instan harus tetap dibatasi agar tidak membawa masalah kesehatan di kemudian hari. Selalu konsultasikan dengan dokter sebelum Anda memutuskan untuk mengonsumsi sesuatu. 


Alternatif Makanan untuk Ibu Menyusui Makan Mie Instan Alternatif Makanan untuk Ibu Menyusui Makan Mie Instan Reviewed by Anonymous on December 22, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.