6 Makanan Ini Efektif Turunkan HbA1c

Kadar hemoglobin terglikasi atau HbA1c menjadi pemeriksaan yang paling akurat dalam menentukan seseorang mengalami diabetes atau tidak. Pasalnya, hbA1c dapat memperlihatkan rata-rata kadar gula dalam seseorang dalam tiga bulan. Normalnya kadar HbA1c tidak melebihi 5,5 persen. Melebihi angka tersebut, seseorang dapat dinyatakan dalam kondisi diabetes ataupun pradiabetes. 



Banyak cara sebenarnya yang dapat Anda lakukan untuk mengontrol gula darah dan menurunkan kadar HbA1c. Makanan menjadi salah satu kuncinya. Tingginya kadar gula darah umumnya disebabkan oleh makanan. Namun, lewat makanan yang tepat pula, kadar gula darah bisa direndahkan. 

Berikut ini adalah makanan-makanan yang efektif menurunkan HbA1c. Mengonsumsi beragam makanan ini secara rutin membuat Anda berlega hati karena risiko diabetes dapat diminimalkan. 

  1. Brokoli

Brokoli merupakan paket lengkap untuk menurunkan kadar gula darah sewaktu maupun HbA1c. Pasalnya, sayuran hijau ini merupakan sumber serat tinggi yang bisa memperlambat pelepasan gula dari makanan ke dalam sel tubuh. Selain itu, brokoli juga mengandung glukosa yang digunakna tubuh untuk memberi energi. Tak ayal, jenis sayuran yang satu ini bisa menjadi pengganti karbohidrat yang kerap menjadi penyumbang gula darah tinggi bagi tubuh. 


  1. Bawang Putih 

Menaruh banyak bawang putih pada masakan tidak hanya membuat rasa makanan menjadi lezat. Bahan populer dalam pengobatan tradisional China ini juga mampu mengurangi gula darah. Pasalnya, terdapat senyawa dalam bawang putih yang mampu meningkatkan sensitivitas dan sekresi insulin. Mengonsumsi dua butir bawang putih tiap hari selama 12 minggu terbukti bisa menurunkan kadar HbA1c dengan cukup signifikan. 


  1. Melon 

Selama ini ada salah kaprah yang menganggap melon adalah buah manis yang berpotensi membuat kadar gula dalam darah melonjak. Padahal sejatinya, melon bisa menjadi senjata Anda untuk menurunkan kadar gula. Pasalnya, Anda akan cepat kenyang menyantap buah bulat yang satu ini karena kandungan airnya yang banyak. Di sisi lain, 100 gram melon hanya mengandung karbohidrat sebanyak 15 gram sehingga buah ini cocok menjadi camilan pengganti biskuit ataupun roti. 


  1. Makanan Laut 

Makanan laut atau seafood dapat menjadi pilihan bijak bagi Anda yang ingin menurunkan kadar HbA1c. Pasalnya, berbagai makanan laut, termasuk ikan, memiliki kadar protein yang tinggi. Protein sendiri sangat penting dalam mengontrol gula darah. Nutrisi yang satu ini mampu membantu memperlambat pencernaan dan mencegah lonjakan gula darah pasca-makan. Dengan menyantap makanan berprotein tinggi seperti seafood, Anda pun akan mudah merasa kenyang sehingga konsumsi karbohidrat yang menyebabkan gula darah tinggi bisa dikurangi dengan cukup signifikan. 


  1. Yogurt 

Makanan fermentasi yang satu ini juga bisa menjadi pilihan untuk menurunkan kadar gula darah. Pasalnya, yogurt termasuk makanan berglikemik indeks rendah di bawah 50. Namun tentunya jika ingin menurunkan gula darah, Anda mengonsumsi yogurt tawar. Jika memilih yogurt berperasa, artinya ada banyak kandungan gula yang berlebihan di dalamnya. Yogurt yang manis tersebut tidak mampu lagi memberikan fungsi menurunkan gula darah. 


  1. Alpukat 

Buah alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal. Jenis lemak ini sagat baik dalam menjaga kesehatan jantung Anda. Namun lebih daripada itu, aplukat juga kaya serat, asam amino, vitamin B, serta magnesium dan kalium. Semua nutrisi tersebut baik untuk mengontrol kadar gula darah sebab memberikan rasa kenyang sekaligus mencegah pelepasan gula yang terlalu cepat. 


*** 

Jangan khawatir lagi jika mendapatkan HbA1c yang tinggi. Cobalah mengonsumsi berbagai makanan di atas secara rutin selama 12 minggu dan lihat seberapa mampu makanan-makanan tersebut berdampak bagi penurunan kadar gula darah rata-rata Anda. 


6 Makanan Ini Efektif Turunkan HbA1c 6 Makanan Ini Efektif Turunkan HbA1c Reviewed by Anonymous on December 16, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.