Kapas dan Tisu untuk Bayi: Perlengkapan Kebersihan Utama Ibu


Ketika bepergian, ibu pasti akan mempersiapkan segala keperluan kebersihan bagi si kecil selama perjalanan, seperti kapas dan tisu. Kedua produk ini merupakan kebutuhan yang tidak dapat ditinggal. Selain itu, memilih produk ini juga perlu kehati-hatian agar kulit bayi tidak teriritasi.

Jika ibu ingin membeli produk tisu kering, simak dulu tips memilih tisu kering yang aman bagi bayi di bawah ini.

 

  • Nyaman digunakan untuk tangan maupun mulut bayi

Tidak hanya digunakan ketika ingin mengganti popok si bayi, ketika akan dan minum besar kemungkinan akan terjadi kondisi berantakan sisa makanan maupun minuman di bagian mulut dan tangan si bayi. Penting bagi ibu untuk memilih tisu kering yang nyaman digunakan untuk tangan dan mulut bayi, sehingga si kecil pun tidak akan rewel.

 

  • Tidak mengandung zat aditif

Kulit bayi cenderung lebih sensitif dan rentan terhadap bahan-bahan kimia tambahan atau aditif, seperti pewangi atau pewarna tambahan. Jika bayi terkena bahan-bahan ini, ia berisiko mengalami iritasi kulit. Maka dari itu, usahakan untuk memilih tisu kering yang bebas dari bahan aditif demi kesehatan bayi.

 

  • Berkualitas baik dengan daya serap tinggi dan tekstur lembut

Pilihlah tisu kering dengan tekstur yang lembut, sehingga dapat mengurangi risiko kulit luka dan iritasi pada kulit bayi. Walaupun bayi belum mampu beraktivitas tinggi, tetap saja ia berisiko memproduksi keringat. Oleh karena itu, penting bagi ibu untuk mempertimbangkan daya serap pada produk tisu yang dipilih.

Di samping itu, tisu yang baik juga idealnya tidak mudah robek atau rusak jika digunakan untuk mengusap area kulit tubuh tertentu, seperti bokong dan leher.

 

  • Aman digunakan pada wajah

Si kecil belum memiliki kemampuan untuk menyeka ingus. Sebagai alternatifnya, ibu akan selalu mengawasi jika ingus terus menerus keluar. Pilihlah tisu kering yang tidak memiliki pewangi tambahan maupun zat kimia lainnya yang membahayakan kulit bayi, terutama jika digunakan untuk sekitar area hidung dan mulut.

 

Penggunaan kapas bulat untuk bayi

Kapas dan tisu merupakan perhatian utama ibu dalam merawat dan menjaga kebersihan bayi. Penggunaan kapas dan tisu pada dasarnya tidak terlalu berbeda. Beberapa orang tua paham betul bahwa kapas bulat merupakan salah satu perlengkapan dasar untuk bayi, terutama bayi baru lahir. Ada pun penggunaan kapas bulat untuk bayi pada umumnya:

 

  • Membersihkan mata bayi

Salah satu kegiatan yang membutuhkan manfaat dari kapas bayi, yaitu membersihkan kotoran yang menempel pada kelopak mata bayi. Biasanya, kegiatan membersihkan ini dilakukan dengan mencelupkan kapas bulat ke dalam air hangat terlebih dulu, kemudian mengusapnya perlahan pada area kotoran berada. Sebagai catatan, gantilah kapas bulat tersebut tiap kali ibu mengusap, sehingga kotoran yang sebelumnya telah terangkat tidak menempel kembali dan si kecil terhindar dari kontaminasi kuman.

 

  • Membersihkan telinga bayi

Serupa dengan penggunaan kapas bulat untuk membersihkan mata bayi, kapas bulat atau kapas bertangkai juga digunakan untuk membersihkan telinga.

Cara pun cukup sederhana, yaitu dengan mencelupkan kapas bulat ke dalam air hangat, kemudian usapkan kapas tersebut di sekitar area luar telinga hingga lubang telinga. Jangan lupa untuk membersihkan lekukan pada daun telinga.


Itu dia segelintir informasi yang perlu ibu perhatikan ketika akan menggunakan kapas dan tisu untuk sebagai perlengkapan kebersihan untuk si bayi. Informasi lain tentang tips parenting lainnya dapat Anda simak di SehatQ.com.

Kapas dan Tisu untuk Bayi: Perlengkapan Kebersihan Utama Ibu Kapas dan Tisu untuk Bayi: Perlengkapan Kebersihan Utama Ibu Reviewed by SehatQ on December 07, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.