Fungsi Emosi Manusia yang Perlu Anda Ketahui

Emosi memainkan peran penting dalam hidup kita karena memiliki fungsi yang sangat penting. Pernahkan Anda bayangkan hidup tanpa emosi? Mungkin hidup Anda tidak akan semenarik sekarang ketika adanya emosi. 



Dengan adanya emosi, banyak perasaan yang dapat kita ketahui, rasa sedih, gembira, ketakutan, hingga emosi negatif pun pernah kita rasakan. Namun, apakah Anda tahu apa fungsi dari emosi itu sendiri? Nah, dalam artikel ini akan menjelaskan apa fungsi dari emosi  manusia. 

Fungsi emosi manusia

Secara keseluruhan, kita akan melihat bahwa emosi memberi tahu kita tentang siapa kita, seperti apa, hubungan kita dengan orang lain, dan bagaimana berperilaku dalam interaksi sosial. Emosi memberikan makna pada peristiwa, tanpa emosi, peristiwa itu hanya akan menjadi fakta. 

Emosi membantu mengkoordinasikan hubungan interpersonal. Dan emosi memainkan peran penting dalam fungsi budaya untuk menjaga kesatuan masyarakat. 

  1. Fungsi emosi intrapersonal

  • Emosi bantu Anda bertindak cepat

Fungsi emosi manusia dari segi intrapersonal adalah membantu Anda bertindak dengan kesadaran. Emosi adalah sistem pemrosesan informasi cepat yang membantu kita bertindak dengan pemikiran minimal. Masalah yang terkait dengan kelahiran, pertempuran, kematian, dan rayuan telah terjadi sepanjang sejarah evolusi dan emosi berkembang untuk membantu manusia dalam beradaptasi dengan masalah tertentu dengan cepat.

Jika Anda memiliki emosi, kita tidak dapat membuat keputusan cepat mengenai apakah akan menyerang, membela, melarikan diri, merawat orang lain atau menolak sesuatu, yang semuanya secara fungsional adaptif dalam sejarah evolusi kita dan memabntu kita untuk bertahan hidup. 

  • Emosi mempersiapkan tubuh untuk tindakan segera

Fungsi emosi manusia adalah mempersiapkan kita untuk berprilaku. Ketika dipicu, emosi mengatur sistem seperti: 

  • Persepsi

  • Perhatian

  • Kesimpulan

  • Pembelajaran

  • Memori

  • Pilihan tujuan

  • Prioritas motivasi

  • Rekasi fisiologis

  • Perlaku motorik

  • Pengambilan keputusan. 

Emosi secara bersamaan mengaktifkan sistem tertentu dan menonaktifkan yang lain untuk mencegah kekacauan sistem pesaing yang beroperasi pada saat yang sama, memungkinkan respon terkoordinasi terhadap rangsangan lingkungan. 

Misalnya, ketika kita takut, tubuh akan menghentikan sementara proses pencernaan yang tidak dibutuhkan, mengakibatkan kurangnya air liur, darah mengalir secara tidak proporsional ke bagian wajah dan tubuh, dan tubuh mempersiapkan diri untuk melarikan diri. 

  • Emosi mempengaruhi pikiran

Emosi juga terhubung dengan pikiran dan ingatan. Kenangan bukan hanya fakta yang dikodekan di otak Anda, mereka diwarnai dengan emosi yang drasakan pada saat fakta terjadi. Dengan demikian emosi berfungsi sebagai perekat saraf yang menghubungkan fakta-fakta yang berbeda itu dalam pikiran Anda. 

  • Emosi memotivasi perilaku di masa depan

Karena emosi mempersiapkan tubuh kita untuk tindakan segera, mempengaruhi pikiran, dan dapat dirasakan emosi adalah motivator penting untuk perilaku di masa depan. Banyak dari kita yang berusaha keras untuk mengalami perasaan kepuasan, kegembiraan, kebanggan, atau kemenangan dalam pencapaian dan pencapaian Anda. 


  1. Fungsi interpersonal emosi

  • Emosi diekspresikan baik secara verbal melalui kata-kata maupun nonverbal melalui ekspresi wajah, suara, gerak tubuh, psotur tubuh, dan gerakan. Karena emosi memiliki nilai sinyal komunikatif, mereka dapat membantu memecahkan masalah sosial dengan membangkitkan tanggapan dari orang lain, dengan memberi sinyal interpersonal dan dengan memberikan insentif untuk perilaku sosial

  • Ekspresi emosional memfasilitasi perilaku tertentu. Karena ekspresi wajah emosi adalah sinyal sosial universal, mereka mengandung makna tidak hanya tentang keadaan psikologis tetapi juga perilaku. 

  • Ekspresi emosional memberikan insentif untuk perilaku sosial yang diinginkan. Ekspresi wajah dari emosi adalah poengaturan penting dari interaksi sosial. Misalnya, ekspresi netral, jijik, ketakutan, kemarahan, dan ekspresi gembira. 

Jadi, penting untuk kita memahami emosi setiap orang di sekitar kita untuk mengetahui informasi bagaimana cara merespon dalam berbagai situasi. Hal inilah yang membuat fungsi emosi manusia sangat penting untuk diketahui. Dengan emosi kita dapat mengetahui keinginan orang lain.


Fungsi Emosi Manusia yang Perlu Anda Ketahui Fungsi Emosi Manusia yang Perlu Anda Ketahui Reviewed by Anonymous on December 30, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.