8 Buah Kering Ini Tidak Hanya Lezat Dikonsumsi Tapi Juga Sehat, Lho!

Buah kering sering menjadi cemilan favorit karena rasanya yang lezat. Selain itu, buah kering juga bisa dijadikan berbagai pelengkap makanan seperti kue kering, oatmeal, hingga salad. Buah kering dapat diproses menggunakan 3 jenis metode yaitu pengeringan matahari, pengeringan udara hangat, dan pembekuan. Dari segi biaya dan waktu yang dibutuhkan, proses yang paling sering dipilih untuk digunakan adalah pengeringan udara hangat. Sedangkan pada proses pengeringan matahari dibutuhkan waktu yang lebih lama dan pada proses pembekuan membutuhkan biaya yang lebih mahal. Berikut ini terdapat 8 buah kering yang lezat serta memberikan manfaat bagi tubuh. 



  1. Kismis

Kismis merupakan buah kering yang cukup populer dan dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Biasanya kismis berasal dari buah anggur yang dikeringkan dan mengandung berbagai nutrisi seperti serat, kalium, serta memiliki nilai glikemik rendah. Beberapa manfaat mengonsumsi buah kering berupa kismis bagi kesehatan yaitu meningkatkan rasa kenyang, menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi, serta mengurangi kolesterol dalam darah. 

  1. Aprikot dan kurma

Buah kering aprikot dan kurma juga cukup mudah ditemui padahal keduanya tidak populer sebagai tanaman buah di Indonesia. Buah aprikot yang dikeringkan mengandung kalium, vitamin A dan C, beta karoten, kalsium, kalori, protein, dan serat yang sehat bagi tubuh. Sedangkan kurma yang dikeringkan kaya dengan kandungan antioksidan sehingga dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel. 

  1. Kiwi dan semangka

Kiwi dan semangka juga dapat dikeringkan meski kedua buah ini tergolong memiliki kandungan air yang tinggi. Kiei dan semangka an menjadi tipis serta krispi setelah proses pengeringan. Terdapat berbagai kandungan sehat dalam buah kering kiwi dan semangka seperti vitamin A dan C, zat besi, antioksidan, serta kalium yang baik bagi kesehatan kulit. 

  1. Kelapa dan jeruk

Untuk Anda penyuka rasa gurih, buah kering kelapa bisa menjadi pilihan. Kelapa sendiri dapat dibuat manisan atau keripik melalui proses pengeringan. Jeruk juga dapat dikeringkan dan memberikan sensasi rasa manis sekaligus asam. Kandungan vitamin C pada buah kering jeruk bermanfaat bagi kesehatn jantung, pembuluh darah, gigi, dan tulang. 

  1. Mangga dan pepaya

Mangga dan pepaya merupakan jenis buah yang cukup mudah ditemukan di Indonesia. Kedua buah ini dapat dikeringkan dan rasanya cukup lezat. Kandungan potasium dan vitamin C dalam buah kering pepaya dapat membantu memperbaiki mood yang buruk.  

  1. Apel dan pir

Buah kering apel dan pir telah populer divariasikan menjadi keripik terutama di daerah Malang, Jawa Timur. Kedunya merupakan cemilan lezat yang tentu saja dianggap lebih sehat dibandingkan cemilan tinggi gula lainnya. 

  1. Kelengkeng

Apabila Anda berkunjung ke toko-toko di daerah Pecinan, buah kering kelengkeng akan cukup mudah ditemui. Para keturunan Tionghoa percaya bahwa buah kelengkeng dapat memperpanjang umum sehingga mereka mengeringkannya. Faktanya, buah kering kelengkeng memang dapat mencegah kerusakan sel pemicu kanker karena kandungan polifenolnya yang tinggi. 

  1. Kulit jeruk bali

Tidak hanya buahnya saja, ternyata kulit dari jeruk juga dapat dikeringkan, lho! Kulit jeruk bali yang dikeringkan umumnya akan memiliki rasa unik karena sedikit pahit. Meski demikian, kulit jeruk bali yang telah dikeringkan sering dijadikan tambahan pada salad dan memberikan manfaat bagi tubuh. Beberapa manfaat mengonsumsi kulit jeruk bali kering yaitu menurunkan gula darah berlebih di tubuh serta membantu proses penurunan berat badan. 


Meski buah kering memberikan banyak manfaat, namun buah segar tetap dianggap lebih sehat untuk dikonsumsi. Hal tersebut disebabkan nutrisi yang terkandung dalam buah segar masih utuh terutama jika dikonsumsi langsung setelah buah tersebut dipetik. Selain itu, buah kering biasanya diberi tambahan gula pada prosesnya sehingga konsumsi berlebihan dapat meningkatkan risiko diabetes, penyakit jantung, dan kanker. Anda dapat bertanya langsung pada dokter tentang buah kering dan masalah kesehatan lainnya melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Unduh sekarang di App Store atau Play Store.


8 Buah Kering Ini Tidak Hanya Lezat Dikonsumsi Tapi Juga Sehat, Lho! 8 Buah Kering Ini Tidak Hanya Lezat Dikonsumsi Tapi Juga Sehat, Lho! Reviewed by Anonymous on December 30, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.