Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Menstruasi, Ini Faktanya

 Pohon dan buah jambu biji atau dengan nama lain Psidium guajava adalah buah yang berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko Selatan. Namun saat ini, buah ini sudah banyak ditanam di berbagai belahan dunia, termasuk Asia, pun dengan Indonesia. 



Jambu biji hadir dengan buahnya yang manis dan nikmat. Namun, tahukah Anda jika manfaat daun jambu biji bagi kesehatan? Daun jambu biji adalah salah satu ramuan lokal yang biasa digunakan untuk mengobati banyak kelainan termasuk kram menstruasi. 

Daun jambu biji dan menstruasi

Daun jambu biji terbukti dapat membantu mencegah terjadinya pembekuan darah. Menurut sebuah penelitian, teh daun jambu biji dan asam ferulicnya, asam galat, quercetin dan polifenol aktif menunjukkan efek antikoagulan terhadap hilangnya aktivitas antithrombin III yang diinduksi oleh metilglioksal. 

Ini dapat membantu meningkatkan fungsi jantung dan meningkatkan suplai darah dan oksigen ke jaringan rahim, yang pada gilirannya dapat mengurangi pembekuan darah.

Namun, penggunaan teh atau ekstrak daun jambu biji secara berlebihan dan sering dapat mengakumulasi steroid dalam tubuh dan hal ini menyebabkan kegagalan dalam siklus haid. Karena daunnya mengandung sedikit steroid yang berada dalam batas sehat. 

Steroid merupakan metabolit sekunder pada daun jambu biji yang terbukti berpengaruh pada siklus menstruasi. Akan tetapi, kasus ini jarang sekali terjadi dan bahkan pada dosis tinggi ekstrak daun jambu biji. 

Jadi, intinya, teh daun jambu biji bisa menjadi ramuan yang baik untuk mencegah menstruasi menggumpal dan teh harus diminum dengan dosis rendah, biasanya kurang dari dua cangkir atau 5-6 mg setiap hari. 

  • Teh daun jambu mengatasi nyeri haid

Manfaat daun jambu biji yang diolah menjadi teh lainnya dapat membantu mengurangi kram menstruasi. Beberapa penelitian yang dilakukan pada manusia dan hewan lain menunjukkan bahwa teh atau ekstrak daun jambu biji dapat menjadi alternatif alami yang baik untuk mengatasi kram menstruasi. 

Teh daun jambu biji yang dikombinasikan dengan teh hijau dan herba organosulfur lainnya seperti bawang putih dan bawang merah dapat membantu memperbaiki kram menstruasi sekunder seperti fibroid rahim. 

  • Memperbaiki aliran darah ke rahim

Teh daun jambu biji juga terbukti dapat mengontrol tekanan darah dan meningkatkan fungsi jantung. Hal ini dapat meningkatkan suplai darah dan oksigen ke jaringan tubuh termasuk jaringan rahim. 

Di sisi lain, peningkatan suplai darah dan oksigen ke rahim mengurangi kontraksi dan peradangan rahim, dan ini dapat membantu mengurangi rasa sakit yang muncul akibat kontraksi dan pembengkakan rahim. 

Manfaat daun jambu biji bagi kesehatan tubuh

Selain memiliki manfaat saat menstruasi, daun jambu biji pun memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh lainnya. di antaranya:

  • Membantu menurunkan berat badan

  • Membantu mengurangi risiko penyakit jantung

  • Membantu dan mengurangi diabetes tipe 2

  • Membantu mencegah kanker

  • Membantu dan mengobati diare dan disentri

  • Membantu dan memerangi Demam Berdarah Dengue

  • Sebagai pereda nyeri

  • Membantu memperbaiki masalah kecantikan

  • Menjaga sistem pencernaan

  • Membantu mengobati bronchitis

  • Membantu mengobati radang tenggorokan

  • Membantu memproduksi sperma

Jambu biji disebut sebagai buah super yang memiliki rasa enak dan kaya akan nutrisi. Ini termasuk dalam buah tropis rendah kalori, mengandung serat, dan tambahan yang sangat baik untuk diet sehat. Selain manfaat pada buahnya, manfaat daun jambu biji pun sangat kaya. Sehingga bisa membantu meningkatkan kesehatan, sistem pencernaan, dan sisitem kekebalan tubuh Anda. 


Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Menstruasi, Ini Faktanya Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Menstruasi, Ini Faktanya Reviewed by Anonymous on December 23, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.